Tips Sehat Melakukan Diet Rendah Garam

30 Jun

Diet rendah garam. Sesuai dengan namanya, diet ini bertujuan mengurangi, membatasi bahkan meniadakan sama sekali konsumsi berlebih pada makanan yang mengandung garam. Garam merupakan sebuah zat yang jika dikonsumsi secara  berlebihan  dapat memicu tekanan darah tinggi dan jantung. Dengan melakukan diet ini maka anda akan terhindar dari resiko penyakit tersebut. Zat natrium sebenarnya berfungsi mengatur keseimbangan kadar air, namun penggunaannya harus dibatasi dan sewajarnya. Air merupakan salah satu hal yang dapat menambah massa tubuh, sehingga dengan melakukan diet ini garam bersama air dalam tubuh akan dikeluarkan setiap hari secara rutin melalui urin atau feses.

Untuk melakukan diet makanan rendah garam, anda dapat mengurangi berbagai makanan yang mengandung banyak garam dan menggantinya dengan makanan-makanan yang segar. Berbagai makanan yang mengandung garam dengan kadar tinggi diantaranya sosis, makanan kalengan seperti sarden, dan kornet, telor asin, abon serta dendeng. Daging olahan ini biasanya mengandung tambahan natrium, oleh karenanya makanan ini kurang aman dikonsumsi secara terus-menerus. Selain makanan tersebut, makanan lain yang harus mulai dikurangi adalah garam, bumbu penyedap, kecap, terasi, saus, saus cabe dan saus tomat, serta mayonais saat memasak karena makanan-makanan ini mengandung natrium yang tinggi.

Untuk menggantinya, rasa asin dapat diganti dengan menambahkan gula dan cuka pada makanan, menambahkan tomat pada sup, bumbu kare, bumbu gulai dan bumbu rawon. Atau bisa juga menggunakan bumbu rempah yang lain seperti jahe, kunyit, seledri, dan thyme, oregano, kencur, daun jeruk, asam jawa, jeruk limau, daun salam, belimbing wuluh. Berbagai bahan ini juga akan memberikan rasa segar pada makanan anda. Untuk menikmati makanan ini anda dapat memakannya sesaat setelah dimasak agar aroma segarnya masih terasa dan kehangatannya dapat melupakan rasa asin.

Sayuran merupakan pilihan terbaik untuk melakukan diet dari makanan dengan kadar garam berlebih. Sebaiknya kita mengkonsumsi sayuran organik, namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih untuk mengurangi kadar garam pada sayuran tersebut. Selain itu nasi oatmeal dan biji-bijian dapat pula dijadikan pilihan untuk menu diet anda.

Melakukan diet rendah garam ini sebaiknya dilakukan dengan sehat, disiplin dan teratur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: