Cara Memasak yang Benar dan Pola Makan Sehat

3 Dec

Cara Memasak yang Benar dan Pola Makan Sehat – Melakukan pola makan sehat merupakan keharusan bagi sebagian orang. Mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral serta diimbangi dengan melakukan olahraga secara teratur, tidak cukup untuk menentukan kesehatan seseorang. Hal tersebut dikarenakan vitamin yang terkandung dalam sayuran bisa saja hilang karena pengolahan makanan yang salah sehingga membuat seseorang malah mengkonsumsi lemak trans atau hanya makanan tanpa adanya nutrisi.

Cara Memasak yang Benar dan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat sebelum diolah, makanan yang akan dimasak atau untuk makanan seperti lalapan, harus dicuci bersih terlebih dahulu dan sebaiknya gunakan air mengalir agar kuman dan kotoran tidak menumpuk dan melekat pada bahan makanan sehingga membuat Anda sakit perut atau terjadi masalah pada pencernaan Anda. Ketika Anda sedang merebus sayuran, tambahkan air dan sedikit garam dan hindari penggunaan suhu tinggi dan air dalam jumlah yang banyak agar vitamin dan mineral tidak larut. Sayur yang sebaiknya direbus terlebih dahulu adalah wortel, zucchini, brokoli.

Baca juga : Tips Sehat Melakukan Diet Rendah Garam

Jika Anda memilih untuk mengukus, seperti mengukus sayuran dan ikan agar rasa asli makanan terjaga, jangan lupa untuk menutupnya sehingga vitamin tidak menguap bersamaan dengan uap dari kukusan. Cara ini merupakan cara yang paling tepat dilakukan jika Anda tidak ingin vitamin dalam sayur hilang karena tidak larut atau tersentuh dengan air. Cara ketiga adalah poaching yaitu merebus dengan sedikit air dan makanan yang cocok untuk cara pengolahan ini adalah ikan, buah, telur.

Cara memasak yang benar untuk pola makan sehat yang dapat dilakukan sehari-hari yaitu:

  • Membakar dengan cara memasak daging seperti sate dan hindari membakar dengan posisi daging yang bersentuhan dengan arang karena dalam arang terkandung zat yang tidak baik untuk tubuh dan meningkatkan resiko kanker.
  • Memanggang sebaiknya dilakukan dengan suhu rendah atau sedang dan hindari suhu tinggi karena akan menimbulkan reaksi kimia lemak-protein yang dapat merusak keseimbangan antioksidan tubuh dan memicu diabetes serta penyakit kardiovaskular.
  • Menumis dengan menggunakan sedikit minyak dan jangan terlalu lama.
  • Menggunakan microwave dan dapat menambahkan sedikit air sebelum makanan dipanaskan agar makanan tersebut tidak mengering.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: